Program Desa Mandiri Ekonomi KS-BI ‘Full Employment’

Bambang Himawan (portalentebe)
Bambang Himawan (portalentebe)

Bambang Himawan (portalentebe)

Lombok Tengah [Sasak.Org] Program Desa Mandiri Ekonomi yang dilaksanakan di Bun Mudrak Desa Sukarara Kec. Jonggat Kab. Lombok Tengah telah mencapai posisi full employment, hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Kantor Perwakilan Bank Indonesia Propinsi Nusa Tenggara Barat Bapak Bambang Himawan(15/2).

“Apabila salah satu unit usaha sudah tidak berjalan atau berjalannya tergantung dari tenaga yang lain, maka program ini bisa dianggap sudah berhasil, saatnya menarik tenaga dari luar” tambah pria murah senyum ini.

Statemen dari orang nomor satu di KPBI NTB ini didasari dengan tingginya permintaan pupuk kompos yang diproduksi oleh Unit Usaha POG tetapi belum bisa dipenuhi karena keterbatasan tenaga. ‘Bahkan, sebagian telah memberi DP (dana pangkal), tetapi para pekerja untuk POG masih sibuk mengurus unit usaha yang lain. Warga yang lain juga sibuk’ ujar Zulkipli, pendamping kegiatan dari Komunitas Sasak menjelaskan.

Program Desa Mandiri Ekonomi yang dilaksanakan BI dan KS tersebut berhasil membentuk unit usaha-unit usaha yaitu unit usaha ternak sapi, ternak kambing, Pabrik POG (pupuk organik), Tenun, makanan khas, dan kolam ikan. Dengan berjalannya semua unit usaha yang dikelola dibawah kendali Koperasi Serba Usaha tersebut diharapkan mampu memberi nilai tambah bagi masyaralkat. [WKS/Zkp]

  • Perlu dan pingin mencontoh keberhasilan di Lombok, selamat