Hizib NW Digital versi Android resmi Diluncurkan

Lombok Timur [Sasak.Org] Tuan Guru Bajang Dr. HM Zainul Majdi MA selaku Ketua PB NW Pancor meluncurkan secara resmi Aplikasi Hizib NW Digital untuk perangkat berbasis Android. Dengan diluncurkannya aplikasi ini untuk publik, warga NW maupun khalayak umum dapat menginstall produk ini pada perangkat smartphone atau tablet mereka. Peluncuran tersebut menjadi salah satu acara utama pada rangkaian acara wisuda ke-8 LPWN Hamzanwadi Pancor yang diselengggarakan pada hari Sabtu (8/6).

Hizib Nahdlatul Wathan adalah kumpulan do’a yang berasal dari Al Qur’an, sahabat Nabi dan para ulama besar, yang dihimpun dalam sebuah kitab oleh pendiri Nahdlatul Wathan Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Aplikasi yang dibuat para mahasiswa ini mencoba merintis digitalisasi teks tersebut sekaligus menghadirkannya dalam perangkat berbasis android.

hizibnwlaunch

TGB pada sambutannya memberikan apresiasi besar pada produk ini sembari mengingatkan bahwa esensi perjuangan NW adalah dakwah, dan meski pesannya tetap yakni menyeru pada kebaikan, ruang dan metode dakwah harus disesuaikan dengan perkembangan jaman dan teknologi. Sedangkan Direktur LPWN pada sambutannya menyampaikan bahwa produk tersebut merupakan persembahan pertama dari rangkaian produk dan inovasi LPWN untuk NW dan masyarakat luas. Pada kesempatan yang sama ia juga meminta restu dari TGB untuk LPWN yang akan memulai usaha untuk mendokumentasikan secara digital sejarah perjuangan dan kekayaan intelektualNW.

Aplikasi Hizib NW Digital karya 6 mahasiswa LPWN Hamzanwadi ini, dikembangkan dalam waktu 5 bulan. Mahasiswa tersebut antara lain: Harianto, M. Nurul Wathani, M. Azrul Muhsi, M. Ridal Mubarak, Zulkifli Hidayatullah, dan Dewi Satriawati. Menurut dosen pembimbing mereka, pengembangan ini dimungkinkan karena besarnya dukungan baik dari internal LPWN maupun antar lembaga di bawah Yayasan Pendidikan Hamzanwadi. Salah satu diantaranya adalah dukungan dari TGH Yusuf Makmun dari Ma’had Darul Qur’an Wal Hadits NW Pancor yang membimbing para mahasiswa dalam proses pengetikan naskah Hizib. Ia juga menyampaikan bahwa motivasi tim mengembangkan aplikasi hizib ini adalah untuk pembuktian kompetensi mahasiswa dalam mengadopsi teknologi terkiniuntuk berkarya. Menurutnya sebagai kampus dengan domain teknologi, LPWN harus selalu terupdate dengan perkembangan teknologi dan menunjukkannya dengan karya yang tepat guna sehingga bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Ia menambahkan bahwa kegagalan mengikuti perkembangan teknologi akan berujung pada kompetensi lulusan yang tidak sesuai dengan tuntutan jaman.

Aplikasi Hizib NW Digital dapat digunakan dalam dua mode. Mode pertama adalah mode ‘belajar’ dimana pengguna dapat melihat teks dan arti masing-masing bagian dari Hizib NW. Pada mode ini juga disediakan audio pembacaan hizib yang bisa didengar oleh pengguna. Mode ini tepat digunakan oleh mereka yang ingin mempelajari makna bagian-bagian pada hizib NW dan seni pelantunan teks saat dibaca. Mode kedua adalah mode ‘membaca’ yang dibuat untuk membantu pengguna pada saat melakukan pembacaan Hizib. Pada mode ini, terdapat pilihan untuk pembacaan ‘Hizib Nahdlatul Wathan, ‘Hizib Nahdlatul Banat’ dan ‘Ikhtisar Hizib’. Untuk tiap pilihan, bagian-bagian hizib yang dibaca disajikan tidak terputus (continuous) sesuai dengan urutan pembacaannya.

Aplikasi ini akan didaftarkan di Google Playstore dalam waktu dekat, namun bagi mereka yang ingin mencoba aplikasi ini lebih awal dapat mendownloadnya pada alamat berikut :

Versi utuh dengan audio 23 MB (download)

Versi tanpa audio 1,6 MB  (download)

Versi untuk Windows PC (Java 1.4+ required), 30 MB (download)

  • Wardi

    dimana kita bisa mendapatkan Hizib andrioid ini..???

    • wien

      download di http://goo.gl/97ZQZ

      • alumni NW

        hizibnya gak beraturan kalo di install di samsung galaxy tab 2 7.0..tunas pencerahannya…

        • wien

          update osnya, insya Allah langsung berhasil, ada bug di beberapa tipe OS untuk dukungan tulisan berbahasa arab

  • gurusydi

    hebat tenan… ngene dengan sasak siq tetu, mampu ie ngedu en ngembangin teknologi. ndeqna melulu pesbukan

  • Ajenk

    Wien, Mule tetu side.. pakar..

  • Pingback: Sekolah Tinggi Teknologi Hamzanwadi Resmi Berdiri | LOMBOK FM()

  • ZULHAN

    tolong direvise dari segi baris dan yang lainnya. karna masih banyak kekeliruan yang terdapat didalamnya… thanks

  • Avidinks

    Salam.. Langsung Saja sbg mana Hizib Nadatul Wathan yg sangat di perlukan Oleh saudara2 Kita d Lombok ataupun org banyak di Indonesia Bahkan di luar Negeri yg tidak Tahu manfa’atnya dan sekarg mudah di dapatkan di internet sepert Google play misalnya, namun sekarang ini sya terasa kesulitan untuk memiliki applikasi trsbut, Karena sya tdk menemukannya di perangkat Apple ios 7 andai Saja dapat di luncurkan untuk IOS di App Store.
    Sangat di harapkan.
    Terima kasih.. Salam NW..