Jadi Destinasi Syariah, Lombok Perketat Aturan Berbikini?

Mawun Beach

NUSA Tenggara Barat (NTB) yang dikenal memiliki banyak pantai indah ditetapkan sebagai destinasi wisata syariah. Lalu, adakah ketentuan khusus mengenai bikini?

Salah satu daerah di NTB, Lombok sangat terkenal di kalangan wisatawan asing karena pantainya yang indah. Dengan ditetapkannya NTB sebagai destinasi wisata syariah, beberapa turis asing tentu mempertanyakan mengenai ketentuan berbikini di pantai.

Namun, Deputi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Esthy Reko Astuty mengatakan, Indonesia tidak bisa menetapkan ketentuan berpakaian di seluruh pantai Lombok. Menurutnya, hal tersebut bisa mempengaruhi kunjungan wisatawan asing ke NTB, terutama Lombok.

“Tetapi, memang ada daerah-daerah atau tempat di sana yang menetapkan ketentuan tersebut, seperti hotel. Jadi, tidak bisa kita terapkan ketentuan syariah pada semua daerah du sana,” ujarnya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Selasa 8 September 2015.

Lebih lanjut, Esthy Reko Astuty menjelaskan, sebenarnya wisaya syariah merupakan alternatif produk wisata di Indonesia. Tujuannya adalah untuk melayani turis-turis Muslim yang berkunjung ke Indonesia.

“Jadi, ini untuk melayani turis-turis Muslim yang mengambil paket halal atau syariah menjadi lebih nyaman. Seperti menyediakan makanan halal, hotel dan objek wisata yang nyaman, dan kenyamanan beribadah bagi wisatawan Muslim saat berlibur,” tutupnya.

(ren)

  • bodhi jallil

    gimana mau maju?? kl caranya mengancam turis pake aturan ini ono,…mundur ke jurang pasti iya 1000 persen
    makanya bali jogja jauh lebih maju dr lombok wisatanya

    • Budiman lombok

      Emangnya pake bikini adalah jaminan untuk maju? Untuk meju kali..