By   December 26, 2008

Lombok Timur [Sasak.Org] Wacana pembentukan kota Selong di Kabupaten Lombok Timur yang mulai dihembuskan beberapa tahun lalu, saat ini mulai mencuat lagi di kalangan masyarakat lotim terutama di lingkungan birokrat. Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy menegaskan telah menyiapkan rencana untuk menjadikan beberapa desa di Lotim untuk menjadi Kecamatan.

Beberapa desa tersebut antara lain desa Rumbuk, Pancor, Anjani dan beberapa desa lainnya yang tentunya sudah layak untuk dijadikan kecamatan. “melihat pertumbuhan desa yang sangat maju, baik dari jumlah penduduk, tingkat perekonomian masyarakat, dan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki serta letaknya yang cukup strategis beberapa desa yang ada sekarang ini sudah layak dijadikan kecamatan” ungkap Sukiman.

Sementara itu beberapa kecamatan yang dipersiapkan untuk bergabung ke kota Selong antara lain kecamatan Sukamulia, Suralaga, dan sebagian wilayah Sakra. “dalam waktu dekat kita akan segera melakukan “Sangkep Beleq” yang akan melibatkan semua unsure yang ada di daerah ini untuk membahas persoalan ini” jelas Sukiman lagi.

Rencananya sebelum pembentukan kota Selong benar-benar direalisasikan Pemkab Lotim akan melakukan beberapa study dan pengkajian tentang kelayakan, untung dan ruginya, karena diharapkan dengan terbentuknya kota Selong akan mendatangkan kemajuan dan bukan malah mendatangkan masalah atau kemunduran. [WKS-4]