By   February 27, 2013

sjpjohanSURYADI JAYA PURNAMA, ST, lahir di Lenek Lombok Timur, 25 Februari 1974. Suami dari Nuryanti, SE (Ngali-Bima) ini menempuh pendidikan di SDN 4 Lenek Aikmel 1987, SMPN 3 Aikmel 1990.

Setelah lulus SMAN 1 Mataram 1993, ia menyelesiakan study S1 di Jurusan Teknik Sipil Universitas Mataram . Semasa menjadi mahasiswa ayah dari Wali Hajid (2000), Nurani Syahidah (2002), Wali Abid (2006) dan Fatih Gemilang (2008) ini aktif mengikuti aktivitas kemahasiswaan dan diantaranya menjadi Leader dibeberapa organisasi kemahasiswaan antara lain LDK Baabul Hikmah, Presidium Senat Mahasiswa Universitas Mataram (1997), BPM Fakultas Teknik (1996). Ketika gelombang Reformasi didorong oleh Mahasiswa 1998 beliau menjadi salah satu pimpinan KAMMI Daerah NTB.

Pada tahun 1993 beliau sudah aktif di KNPI Provinsi NTB. Ketika pemilu pertama masa reformasi tahun 1999 beliau memulai karir politik di Partai Keadilan (PK) dan beliau diamahkan sebagai Sekretaris DPW PK NTB. Karir politik beliau dapat dikatakan begitu gemilang pada pemilu 2004 PKS mengantarkannya bersama 5 kader lainnya untuk berdakwah di mimbar parlemen DPRD NTB dan pada Pemilu 2009 kembali menjadi anggota DPRD NTB melalui Daerah Pemilihan yang sama NTB VI (Bima, Kota Bima dan Dompu) dan mengatarkan beliau menjadi Wakil Ketua DPRD NTB Termuda.

Anggota DPRD NTB termuda periode 2004-2009 ini pernah dimanahkan sebagai sekretaris Fraksi PKS, Anggota Komisi II bidang perekonomian dan lembaga keuangan serta menjadi anggota panitia anggaran.

Pada periode tersebut FPKS mengungkap adanya penyimpangan APBD 2005 yang dikenal dengan “APBD kembar siam” dan 5 mata anggaran bermasalah pada APBD 2007.

Ketika PKS mengamanahkannya sebagai Wakil Ketua II DPRD NTB 2009-2014 pria yng memiliki motto “Tetap Komit pada Al-Haq dan ingat selalu pada kematian” ini memiliki obsesi yang ingin diwujudkan diparlemen yaitu Ingin menjadikan lembaga DPRD sebagai lembaga representatif rakyat yang kuat dan berwibawa dengan memperkokoh peran legislasi, budgeting dan pengawasan. Serta menjadi unsur pamarintahan yang bersinergi dengan eksekutif dengan kesetaraan mencapai visi daerah NTB Bersaing.

  • lenek ramban biak

    mula kanak sasak tulen anak amak kangkung lekan desa lenek Aikmel….. Apalagi SJP bepasangan kanca johan no ya mula batur lekan mahasiswa sampai jari tetangga 2 kali. SJP mantapp

  • MUSLEHUDIN MUSTOFA

    Smoga Allah menangkan dlam PILGUB nanti, walopun sy tidk bisa ikut mencoblos krn skrg lg kerja diSaudi, tapi sy yakin SJP akan menang InsyAllah.

  • Amin

    sudah seharusnya NTB milik bersama. Insya’Allah menang.. tiang dukung pak SJP meski tinggal di perantauan kalimantan.tiang terkesan melihat video profil beliau…ternyata dari keluarga biasa. masih muda namun matang tanpa embel embel nama besar keluarga. maju teruss pak Suryadi