By   May 28, 2011
Pada cerita pertama 1

Seorang remaja umur 22 tahun (Ryan) yang baru pulang dari Jakarta, yang   ketika masih kecil dibawa oleh pamanya ke Jakarta. Karena krisis global pamanya  bangkrut yang pada akhirnya dia  di suruh pulang oleh Pamanya ke Lombok., Setelah segala suatu beres ia pun berangkat.

Saat bertemu  pertama kali dengan orang tuanya terjadi benturan kebudayaan/peradaban  antar dua generasi, orang tua yang masih memegang prinsip adat istiadat leluhurnya (budaya timur) sementara sang anak yang dibesarkan di Jakarta yang pernah mendapatkan pergaulan kota besar dan hidup ala metropolitan.

 

Benturan peradaban ini tak dapat dihindari dan menjadi konflik diantara keduanya.

Pada suatu hari Sang Bapak ingin pulang ke Kampung halamanya disebuah desa terpencil di Lombok bagian timur selatan jauh dan harus ditemani oleh anaknya yang baru datang dari Jakarta.

Dengan meggunakan Motor tua miliknya dengan maksud orang tuanya ini ingin sisa hidupnya dapat melihat dan memperlihatkan tempat-tempat bersejarah di pulau Lombok pada anaknya dan sekaligus sang Bapak ingin menanamkan prinsip nilai Timur karena dalam pikiran sang ayah nilai Timur inilah sebaqai benteng terakhir dalam percaturan global dan mengetahui latar belakang nenek moyangnya, sekaligus juga sang Bapak ingin memperlihatkan bangunan Masjid yang indah dan besar serta tempat-temat bersejarah di pulau ini.

Sang Bapak dengan karakter yang feodal menghadapi anaknya dengan prontal dan kadang suka memaksakan kehendak, pada sikap inilah sering kali terjadi   perdebatan dan dialog yang panjang menarik sekaligus juga menyakitkan pada sang anak dialog antara Timur dan Barat

Dengan menggunakan sepeda motor tua ia mengelilingi pulau Lombok, sang Bapak  bohong kepada anaknya Bahwa perjalanan menuju kampung halamannya membutuhkan waktu 2 jam untuk sampai di kampungnya namun lebih dari seminggu mereka dalam pejalanan, suka dukapun terjadi pada kedua orang tersebut, kadang mereka melewati jalanan yang sepi, kadang juga ramai, kadang mereka kehausan dan kelaparan, kadang ban motor mereka pecah, bahkan mereka menemukan hal-hal yang sering kali terjadi pada masyarakt, anak-anak remaja yang mengalami kecelakaan, ngebut dan trek-trekan, perempuan sasak yang sudah tidak lagi memakai lambung, Ibu-ibu yang menyetopnya karna tidak bisa  menggunakan HP anak-anak kecil yang baru pulang sekolah dengan menyanyikan lagu-lagu pop yang sedang popular dan lain-lain. Karena penderitaan inilah sang anak mencoba memahami Sang Bapak. Si anak mencoba untuk menolongnya ketika ia sakit, mencoba untuk menyelimutinya, kadang mereka terlihat makan satu bungkus nasi berdua, kadang si anak mencoba memasang ikat kepala ayahnya dan sang ayah memegang selayer anaknya.

Cerita yang kedua 2

Seorang perempuan (Wati) yang tinggal di sebuah desa tradisional yang karna serbuan dunia Global si anak perempuan dan ayahnya ini mencoba mengikuti trend mode kekinian (budaya pop) mencoba berbeda dengan teman-teman serta warga kampung lainya. Ia mencoba menggunakan celana jeans, sepatu yang berhak tinggi rok mini dengan you can see dan tank top dan balutan gincu merah dibibirnya dan sebuah hendpone   yang ia jadikan kalung, setiap anak remaja yang datang kerumahnya ia anggap kuno dan kolot, sementara Ayahnya membuka penyewaan game plystation dan strum accu (aki) dan tempat penjualan   satu-satunya warga kampung itu yang punya parabola dan televisi sehingga rumahnya menjadi tempat anak-anak warga kampung main game, serta pusat strum aki dan tempat menonton TV .
Pada suatu ketika si anak perempuan ini mendapat telpon dari seorang lelaki yang salah sambung yang ia kira Ibunya yang menelpon dari Arab saudi karena Ibunya menjadi TKI. Gadis kampung ini meladeninya untuk bicara. Lewat perkenalannya inilah cerita kemudian berkembang. Pada suatu ketika laki-laki ini datang ke kampung si perempuan dan entah apa yang membuat laki-laki ini jatuh cinta dan si perempuan juga demikian lalu dengan cepat pula si lelaki ini ingin menikahinya. Pada hari yang telah di tentukan ia meminangya dengan segala rayuan kepada  orang tua si perempuan. Orang tua perempuan juga dengan cepat mau menerimanya karena desakan si anak, karena laki-laki inilah pilihannya dan lelaki yang tinggal di kota.

Keesokan harinya akan dilansungkan pernikahannya si lelaki kota ini tiba-tiba bilang ke calon istrinya bahwa pernikahanya juga akan dihadiri oleh kedua orang tuanya yang akan datang dari kota. Orang tua si perempuan sangat bahagia demikian juga si perempuan tak lama kemudian menjadi cerita yang sangat luar biasa dikampungnya. Si perempuan berlenggang lenggok dengan seribu kegembiraan, senang sekaligus menjadikan iri warga kampung. Lelaki kota ini lalu bilang ke calon istrinya  bahwa dia malu melihat calon istrinya ini kalau ia tidak akan menggunakan kalung emas, anting, gelang dan cicin,  ia menyuruh calon istrinya untuk meminjam barang sejenak ke keluarganya yang punya. Si perempuan mengiyakan lalu dengan susah payah ia mencari satu persatu ke tetangga samping kiri kanan kadang di tempat yang agak jauh dari rumahnya, dikabarkan oleh seorang warga di kampung sebelah ada kalung emas anting gelang yang lengkap dan lelaki ini merayu calon istrinya untuk pergi meminjam, karena agak jauh pada akhirnya ia pergi pinjam sepeda motor  pada tetangga sebelah sebuah sepeda moptor yang baru keluar dari dealer yang ia pinjam, dengan berat warga ini memberikan namun karna hajatan besar iapun diberi.

Sampailah lelaki dan calon istrinya ini di rumah warga yang dimaksud lalu memberikanya kalung emas cincin anting dan gelang. Tak lama kemudian iapun balik ke rumah si perempuan karena pernikahan segera akan dilansungkan kiai, ustad, warga sudah berkumpul di halaman rumahnya. Tiba-tiba lelaki ini seperti mendapat telpon lalu mengangkatnya ia pun bicara. Selesai bicara ia bilang kepada semua undangan dan calon istrinya bahwa orang tuanya ada di pertigaan ia akan pergi menjemputnya. Warga calon istri dan para undangan mengiyakan lalu laki-laki ini dengan cepat naik sepeda motor dan berlalu.

Lama di tunggu lelaki ini tak kunjung datang dan laki-laki kota ini tak benar-benar datang, kacaulah semuanya, sang perempuan calon istri berteriak sejadi jadinya berlari berteriak dan berteriak.

Cerita yang ketiga 3

Adalah seorang  gadis desa (Anjani) yang hidup dengan ayahnya yang sudah tua, sedang mengalami sakit sakitan semnjak kematian istrinya dengan  penuh kesetiaan dan keihklasan si anak ini merawat orang tuanya dan rela tidak melanjutkan sekolahnya.Walau ia sakit ayahnya tetap pergi mengajar kesebuah sekolah yang diritis berdirinya oleh almarhum Isrtinya,ayahnya semakin sakit ketika ia tidak mapu lagi membujuk anak didiknya karena anak-anak ini lebih tertarik untuk main gimes.Pada suatu ketika pada hari senin Orang tua ini pergi mengajar pagi sekali dan entah kanapa juga ank-anak datang ke skolah cukup banyak terlihat ia senang sekali dan lansung memipin apel upacara bendera ,pada saat upacara bendera itulah sang ayah terjatuh dan meninggal dunia Anjanii sangt terpukul atas kematian ayahnya yang pada akhirnya  ia menggantikan ayahnya manjadi guru di kampung itu mendidik anak-anak kampung yang mulai diserang oleh permainan moderen.

Dengan penuh kesadaran dan keihlasan Anjani mengajar ia memperbaiki sekolah tersebut menanamkanya bung-bunga dan jadilah sekolah itu indah dan sangat asyik untuk belajar dan bermain sehingga anak-anak kampung itu sangat asyik beskolah dan warung gims sudah tak menarik lagi buat mereka.Sehingga pada suatu ketika  sang anak didik anak pemilik rental game dikampung tersebut membunuh temanya sendiri di lingkungan sekolah karena terinspirasi oleh permainan game,kematian anak didiknya mmebuat ia sangt terpukul melebihi kematian almarhum Bapaknya Anjani tak kuasa menahan teriakan histerisn
ya dan inilah  yang menyeretnya masuk penjara.

Mejelang berapa hari (Anjani) di tahanan  datanglah paman dan  anaknya dengan menggunakan sepeda motor tua datang dari kota dengan penuh kegembiraan dia sampai dirumah saudaranya namun tak satupun yang dia temukan hingga datanglah seorang warga memberi tahu kalo saudaranya telah meninggal dunia dan anaknya dipenjara karena sebab anak didiknya membunuh temanya sendiri di lingkungan sekolah.

Maka dengan berbagai macam cara ia berusaha mengeluarkannya dari penjara lobi sana sini yang pada akhirnya ia di keluarkan dari penjara sebelum sidang dilansungkan dan menangkap pemilik  warung game yang ada dikampung tersebut Bapak dari anak yang membunuh.
Setelah keluar dari penjara iapun di nikahkan dengan misannya pada hari iring-iringan (nyongkolan adat sasak) ia mengundang kurang lebih sepuluh barungan (Kelompok) gendang beleq dan pada malam harinya, ia mengadakan pertunjukan kesenian tradisional, seperti baca hikayat, lontar, nyaer, bodrah, rudat  Jangger dan lain-lain .

  • http://gaousafrizal.wordpress.com gaous afrizal

    patut diapresiasi, keren lah dari judulnya

    sayangnya dari sisi cerita dan judul seperti tidak menyambung
    dan ceritanya pun seperti CoPas dari film luar
    khas indonesia…hehehe

  • fathin

    dimana bisa dapatkan cdnya broooo mau dong

    • malaikat cinta

      tolong dipertyahankan komoditas film lombok dan diperkaya lagi ide cerita yg diangkaqt jadi jgn memberi kesan meniru film atau sinetron so saya yakin orang lombok atau sasak bsa lebih melihat dari kaca mata orang luar seperti p[aradigma bule atau wisatawan mancanegara dalam penyusunan skrip / cerita . naH ITU saja dari saya putra lombok asli and tulen .

  • nita

    mbe taokt bedownload film niki semeton???

  • http://skepat-lombok.blogspot.com nizarjoe

    Mantap, tadi sempat tonton traillernya di youtube, filmnya dibuat di sembalun…wow Lombok tampak indah di Film..
    salam skepat lombok

  • Abdulloh

    Gombal!

  • Hari

    Critax trlalu umum dan sudah bxk yg kyk gni di indonesia,haxa saja kbtulan ni pertma di lombok,gak menarik

  • sembity

    woi..mantaf …!!!!dr ceritanya d atas seh kedengaranya mantap…kepengen buru2 nonton yg full neh,,tp downloadnya dmn yah??..lok yg d youtube kan cuma trailernya saja

  • sazali

    cepetan donk…. filmnya
    Q penasaran ne………..
    pingin nonton!

  • Indra Lombok

    kk di atas Bener..
    Saya Bangga Jadi Orang Lombok (sasak)…!!
    Saya Mau Cari Jodoh Orang sasak Juga,,,
    Yang Minat WM (Whisp me) ya…. :DD
    Terus Jaya perfileman Indonesia…!!!

  • joniwardana

    susah gati mauk film ne….

  • http://pendiependi69@yahoo.com pendi loteng

    woow…aku pingin sekali lihat lombok seperti ini truuus..
    aku juga mau lihat pilem PEREMPUAN SASAK TERAHIR ini.,gmana cara lihatnya????

  • http://www.facebook.com Wiwiet

    Keren
    Sepuluh jempol buat Film ini,
    Bisa buat kami bangga sebagai anak Pulau Lombok

  • zaida

    boleh minta copy sekenarionya???
    untuk skripsi..
    saya ingin sekali meneliti film ini…
    kalau boleh minta sekenarionya tapi..

  • http://sasak.org lmjaelani

    Film ini ndak tayang tayang, kasihan produsernya

  • http://ellalayla.blogspot.com/ Ella

    Cerita 1, 2 atau pun ke 3 spt gk ada kesatuannya cz ceritanya beda2. Kesannya spt buku kumpulan cerita yg difilmkan…

  • anto van deutzehn

    ceritanya gak nyambung….. kyak jadi 3 film dengan satu judul

  • lalu satria wijaya

    piran yak mulai tayang flem niki

  • http://perempuansasaktrakhir lalu satria wijaya

    piran mulai di tayangkan flem ini

  • http://perempuansasaktrakhir lalu satria wijaya

    piran mulai yak tayag pelem niki

    • zahiri noval

      oooo saya juga mau meton.ge mn dapet vidionya.
      inget jangan ampe lupa adat istiadat dr nenek moyang kita.terus promosikan pariwisata lombok.saya juga mau meneliti dan seberapa banyak tempat yg bs dikunjungi oleh wisatawan luar kelombok.kebeneran saya jurusan manajemen perhotelan dari bali.
      saya jg mau mempromosikan.agar kt sejahtera bersama.
      saya berharap mudahan batur sasak yang belum ngerti dengan saling menghargai.dan sadar dengan prilaku kejelekan kita yg dilakukan oleh semeton kt sak lek pulau lombok.mudahan tidak ada pencuri.

      tp sayang kapan ya lombok berhenti ada malingnya,biar wisatawan sneng mengunjungi pulau lombok.

  • http://www.ippkindo.org Jrodane

    Sdr. Ella, menurut sang sutradara PEREMPUAN SASAK TERAKHIR, ini merupakan film cerita fiksi realis yang menggunakan pendekatan struktur pola naratif 3 babak yakni pembuka (latar belakang), lalu perkembangan cerita selanjutnya dimana konsep alurnya maju mundur dengan diselingi tiga macam cerita dalam satu kejadian yang berbeda. Setelah itu peleraian yakni mengupas tuntas tentang konsep cerita yang terdiri dari tiga karakter (tema) yang dimainkan dalam satu cerita dengan penyelesaian pada masing-masing cerita, demikian kata pak sutradaranya kemarin sewaktu kami berbincang2 di Novotel Mangga Dua Jakarta

  • sadam UNHALU

    dimana bisa kita dapatkan difilmnya …
    saya senag skali liat vidio singkatnya

  • sandi amaq Rinjani

    Film ini telah mellaui peroses yang cukup panjang dan pada initinya film ini sudah tuntas pengarapanya tinggal menungu momenum yang epat untuk mempablihnya.mhn doa bulan mei ini sdh menjadi milik umum.
    Salam hormat buat semua saudaraku
    sasak insalloh bisa

  • citcitra

    pngen cpet2 nonton !!!kreenn bgeed..
    bgi yang gk suka,, EGP..
    ,, Bangga jd anak lombok….

  • http://www.damthegilis.blogspot.com Adam Putra Gili Air

    Wah..,keaknya bagus nih film, Banyak nilai moral yg dapat di petik dari sini bukan ?? tayangnya kapan..??

  • Anto dao

    Bravo..! Kanak sasak, pas promonya ke p.sumbawa jg ya,,sebab komunitas sasak 40% dari p.sumbawa..eh aktor n aktrisnya lokal pa nasional?

    • http://gaousafrizal.wordpress.com gaous afrizal

      aktrisnya lokal – yang perempuan muda
      Alumni SMU 5 angkatan 2005 (kalau tidak salah)

  • tamam

    inilah lombok…..

  • Hurnawijaya

    Kelihatanx menarik, membangkitkan Ghirrah ke sasakan. jngn smpai gnrasi muda sasak menjadi “SASAK LEBUNG” karena melupakan identitas budayanya..

    • Hurnawijaya

      maju terus lombok,,

  • aRie

    Mmm,.. penasaran walafiat,.^^46

  • bayyin

    kereeeen,,, bangge jari kanak sasak

  • bayyin

    kereeeen,,, bangge jari kanak sasak

  • nirwandoankz

    udah ada link downloadnya gk.. kalo ada minta dooong…!!! :)

  • nirwandoankz

    udah ada link downloadnya gk.. kalo ada minta dooong…!!! :)

  • sudirman

    jari inged pesen dengan toak

  • sudirman

    jari inged pesen dengan toak

  • andy peder

    kpan ya aku bisa lihat ni filem di tv :(

  • andy peder

    kpan ya aku bisa lihat ni filem di tv :(

  • TIEN

    SO SWEET

  • ahadun

    kpn beredar cdny ya…………?

  • putu

    melah sajan cerite ne,,,,,

  • dorta

    merase bangge idap sak ternyate masih luek semeton2 sak peduli sik budaye sasak.

  • dorta

    angkat terus cerite2 sasak asli jok layar lebar adekn sak te ketaon sik anak jarin te, lamun dek cerite2 nike akan hilang tampa bekas

  • clex

    sai sak bdue film tie???

  • http://www.kojongblog.blogspot.com nuzuluddin

    2link download film.a dimna ya ???

  • https://www.facebook.com/edwardnuzuleinsteins Muhammad Nuzuluddin

    ada yg tahu link downloadnya gk ?

  • ahmad al miski

    yeyeyey sasak bersatu,,kerennnn

  • dyra Lombok

    Harga-menghargai, Hormat-menghormati, merupakan bagian dari adat istiadat ,,. namun sikap mencela adalah sikap yang tidak mencerminkan Indonesia Itu sendiri,,, Banyak Hikmah Yang Bisa dipetik dari setiap kejadian… Jadikan itu sebagai pelajaran Hidup dalam perjalananMu,,, Sukses untuk kita bersama..!!!