5 Gejala Covid-19 Varian Delta yang Paling Umum

Jakarta, CNN Indonesia — Virus corona varian Delta terdeteksi sudah menyebar di beberapa daerah di Indonesia. Varian ini patut diwaspadai karena gejala Covid-19 varian Delta memiliki sejumlah perbedaan dibandingkan dengan varian Alpha dan virus corona yang pertama kali teridentifikasi di China pada 2019 lalu.
Berdasarkan WHO, varian Delta dikenal juga dengan B.1.617.2. Varian Delta pertama kali teridentifikasi di India. Karakteristik varian Delta adalah lebih cepat menyebar daripada varian lain.

Varian Delta memiliki mutasi pada lonjakan protein sehingga membuatnya lebih mudah menginfeksi sel manusia.

Mutasi virus ini juga membuat gejala yang muncul berbeda dibandingkan varian lain.


360p geselecteerd als afspeelkwaliteit

Berdasarkan ZOE COVID Symptom Study terhadap pasien varian Delta di Inggris, gejala yang umum ditemukan adalah sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, demam, dan batuk. Sedangkan kehilangan penciuman, dan sesak napas lebih sedikit dirasakan.

Berikut 5 gejala Covid-19 varian Delta:

1. Sakit kepala
Pada orang yang terinfeksi virus corona varian Delta, lebih mungkin merasakan sakit kepala.

2. Sakit tenggorokan
Sejumlah pasien virus corona varian Delta juga melaporkan mengalami gejala sakit tenggorokan.

3. Pilek
Varian Delta juga dapat menyebabkan pilek atau ingusan.

4. Demam
Gejala Covid-19 varian Delta yang umum dirasakan berikutnya adalah demam.

5. Batuk
Pada varian Delta, pasien juga mengalami batuk.

Sementara itu, berdasarkan temuan di India, gejala virus corona varian Delta juga menyebabkan sakit perut, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, dan nyeri sendi.

Beberapa pasien juga melaporkan mengalami gangguan pendengaran dan pembekuan darah kecil yang parah sehingga menyebabkan jaringan mati atau gangrene.

Itulah 5 gejala Covid-19 varian Delta. Segera lakukan tes, periksa ke dokter atau rumah sakit, dan isolasi mandiri saat Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

(ptj)

Artikel ini dimuat di : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210715114017-255-668021/5-gejala-covid-19-varian-delta-yang-paling-umum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here