Dirlantas Polda NTB dan jajaran, Hadiri Vicon Sambut Nataru

Mataram – Polda Nusa Tenggara Barat bersama instansi terkait melaksanakan vidio conference (Vicon) dari Korlantas Mabes Polri dan Kementrian Perhubungan untuk persiapan Pengamanan Natal 2021 dan Tahun baru 2022 di ruang Vicon Presisi Polda Nusa Tenggara Barat, pada hari Jumat, 10 Desember 2021.

Kegiatan vicon dihadiri oleh Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Djoni Widodo S.I.K, Kepala Perwakilan PT. Jasa Raharja (Persero) NTB, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi NTB, Kepala Dinas Kesehatan NTB, Dan Den Pom Mataram, Kadis Bina Marga NTB, Kepala Balai Keselamatan Jalan, Kepala BMKG, Wadirlantas Polda NTB dan pejabat utama Ditlantas serta para Kasat Lantas Polres jajaran Polda NTB mengikuti dari ruang Vicon masing-masing kesatuan.

Turut hadir dalam kegiatan Vicon Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menyampaikan arahan dalam rangka persiapan pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Mabes Polri dan jajaran satuan wilayah (Satwil) didukung TNI, Kementrian dan Lembaga serta stakeholder terkait melaksanakan operasi Kepolisian terpusat dengan mengedepankan sandi LILIN 2021 di seluruh Wilayah NKRI dengan mengedepankan kegiatan pencegahan, deteksi dan penegakan hukum secara simpatik persuasif serta humanis dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) sehingga masyarakat dapat merayakan dengan rasa aman dan nyaman.

Target dalam operasi Lilin 2021 terciptanya Kamseltibcar lantas, memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan Fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19 dengan cara pembatasan mobilisasi masyarakat, dan lancarnya distribusi logistik dan BBM.

Obyek pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yaitu Gereja, Terminal, Pelabuhan, Bandara, Stasiun Kereta Api, Pasar atau Pusat perbelanjaan, obyek Wisata dan obyek malam pergantian tahun.

Kegiatan yang dalam Ops Lilin 2021 yaitu melakukan sosialisasi masive melalui media cetak, Elektronik dan Medsos tentang Prokes, melaksanakan PCR dan swab jika akan bepergian dan mencegah kerumunan serta tertib berlalu lintas. Mendirikan Pos pelayanan terpadu, di tempat Ibadah Gereja, obyek wisata, dan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas dan kemacetan. Mencegah kegiatan Pesta malam tahun baru baik ditempat tertutup dan terbuka, jika ditemukan lakukan penegakkan hukum, libatkan petugas kesehatan untuk random cek swab antigen dan Penerapan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi.

Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo selesai Vicon Dengan Kakorlantas Polri Dan Kementrian Perhubungan dilanjutkan dengan memberikan araan kepada Para PJU Ditlantas Polda NTB dan Para Kasat Lantas se jajaran Polda NTB.

” Lakukan Segera Rapat Koordinasi terkait pengamanan Nataru untuk melibatkan Stake Hiders di Satlantas masing – masing. Kemudian lakukan pemetaan tempat tempat yang akan di bangun Pos Pam dan Pos Yan” jelas Djoni Widodo.

” Dalam Pos Yan agar melibatkan atau berkolaborasi dengan Dinas kesehatan berkaitan Pelayanan Vaksin/Prokes. Dan juga. Lakukan Pengawasan dengan ke ketat di Kawasan kawasan Pintu Masuk
diantaranya Bandara, Pelabuhan Lembar dan Bangsal lakukan koordinasi terkait teknisnya kepada pihak ASDP, Pihak Angkasa Pura dan yang Lainnya ” tambah Dirlantas Polda NTB ini.

Masih dalam arahannya kepada para Kasat Lantas se jajaran Polda NTB, Kombes Pol Djoni Widodo menekankan bagaimana agar bisa mengendalikan Prokes dan Terciptanya Kamseltibcarlantas dengan melihat perkembangan sudah semakin membaik.

” Rumuskan dan Konsep dari sekarang terkait akan dilaksankannya Pam Natal 2020 dan Tahun Baru 2021″ tutup Djoni Widodo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here