Ditlantas Polda NTB Bahas Rekayasa Arus Lalu Lintas saat Moto GP Nanti

Mataram – Tiket untuk menyaksikan MotoGP Mandalika 2022 sudah dijual besok. Penjualannya bisa didapatkan online. MotoGP Mandalika merupakan seri kedua di MotoGP 2022. Race yang digelar di sirkuit di Lombok, Nusa Tenggara barat itu akan berlangsung pada 18 – 20 Maret 2022.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sudah merilis harga tiket yang akan dijual. Tiket untuk dua kelas Premium Grandstand dan VIP Hospitality Suites (Premiere Class &
Deluxe Class) sudah dijual, Kamis (6/1).

Karena merupakan perhelatan tingkat dunia, Direktorat Lalu Lintas Polda NTB pada hari Kamis (6/1) menggelar rapat untuk membuat skema rekayasa Lalu lintas saat gelaran Moto GP nanti, mulai dari Pra Pelaksanaan sampai selesainya.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Direktur Lalu Lintas Polda NTB Kombes Pol Djoni Widodo, S.I.K tersebut menindaklanjuti hasil rapat nasional terkait pengamanan Moto GP 2022. ” Kita harus menyiapkan rekayasa Kamseltibcarlantas yang akan dituangkan dalam Rencana Operasi Mandalika 2022, ada 4 hal yang menjadi perhatian, yaitu pertama pengawalan, kedua urai kemacetan, ketiga pengamanan, penjagaan dan pengaturan rute, serta ke empat penanganan kecelakaan lalu lintas” jelas Dirlantas di Rupatama Ditlantas Polda NTB, Kamis, 6 Januari 2022.

” Pada saat penonton berdatangan ke Sirkuit dan saat pulang, rekayasa lalu lintasnya adalah dengan memilah kendaraan yg harus di lewatkan jalur Sengkol maupun kendaraan yg akan di lewatkan jalur By pass BIL, agar tidak terjadi penumpukan maupun kemacetan, secara teknis nanti akan dibicarakan dengan instansi terkait ” tambah Djoni.

Wadirlantas Polda NTB AKBP Romadhoni Sutardjo S.I.K memberikan tambahan arahan agar mengenai update peta pengamanan di Mandalika. ” Update peta pengamanan perlu dilakukan sejak awal, sehingga lebih matang persiapannya” jelas Romadhoni.

Beberapa keputusan dalam rapat tersebut adalah agar pemerintah daerah segera menetapkan tarif standar bagi angkutan umum, rambu – rambu yang belum ada agar segera diadakan, penambahan shuttle bus, dan untuk kabupaten penyangga agar melakukan pengecekan kendaraan yang masuk ke area Mandalika.

Sebelumnya, Kapolda NTB Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto menegaskan pentingnya menjaga situasi kondusif pada periode menjelang pelaksanaan MotoGP Indonesia 2022.

Hal itu diukur dari indeks kriminalitas sepanjang dua tahun belakangan, antara 2020 hingga 2021.

Polda NTB mencatat, penurunan angka gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di Provinsi NTB pada tahun 2021 menurun 21 persen atau setara 1.492 kasus.

Penurunan ini berdasarkan angka kejahatan tahun 2021 tercatat sejumlah 5.547 kasus sedangkan tahun 2020 tercatat 7.039 kasus.

“Ini jadi catatan menarik untuk ke depan karena kita ada agenda Bulan Maret akan adanya perhelatan MotoGP di Mandalika, dan Februari ada pramusim,” ucap Irjen Drs Pol Djoko Poerwanto seperti dikutip berbagai media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here