Jangan ada Konvoi Sebelum dan sesudah Pencoblosan pada Pilkada 2020 ini

Pada hari Rabu, 9 Desember 2020 akan dilaksanakan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak se Indonesia. Pilkada ini sendirian dilaksanakan ditengah kekhawatiran akan penyebaran virus Covid-19.

Kombes Pol Noviar, S.I.K selaku Dirlantas Polda NTB menyatakan bahwa personil Polantas se Jajaran Polda NTB akan memastikan bahwa tidak ada Konvoi atau pengerahan massa di jalan. ” Polantas berupaya menjamin kelancaran Lalu lintas para pemilih menuju kelokasi TPS dengan himbauan tetap mematuhi aturan dan tertib berlalulintas dan Protokol kesehatan covid19 ‘ jelas Noviar.

” Selesai melaksanakan hak pilihnya bisa kembali kerumah masing – masing, dan tidak ada yang melakukan konvoi/Pawai baik berangkat maupun kembali dari TPS” tegas Dirlantas Polda NTB pada Selasa, 8 Desember 2020.

Terdapat 7 Kabupaten/Kota di NTB yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah. Sebelumnya,, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal menegaskan bahwa seluruh anggotanya dipastikan netral dalam Pilkada ini. Dia meminta semua anggotanya bekerja profesional. Harus menjaga netralitas. ”Netralitas harga mati,” tandas mantan Kadiv Humas Polri ini.

Masyarakat dipersilakan melapor jika ada polisi terlibat politik praktis. Nanti akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku. ”Siapa yang tidak netral dipastikan di bawah komando saya copot dan saya periksa,” tegasnya. ”Apa pun pangkatnya, apabila terbukti saya copot,” sambung jenderal bintang dua ini sebagaimana dikutip pada 29 November 2020.

Ketua Bawaslu NTB Muhammad Khuwailid menegaskan bahwa seluruh petugas Pilkada dilakukan rapid test sebelum hari pemungutan suara tanggal 9 Desember 2020. “ Kami di penyelenggara tetap menekankan semua pihak untuk menaati protokol kesehatan selama proses Pilkada ini,” ujarnya.

Sementara itu Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan bahwa TNI dan Polri akan bersinergi memantau perkembangan situasi dan kondisi terkait Pemilu di masa Covid-19. Pihaknya akan berkerjasama dengan seluruh Dandim dan Kapolres untuk memberikan imbauan kepada masyarakat setempat agar pelaksanaan Pilkada di masa pandemi ini bisa berjalan kondusif, sukses, aman dan terkendali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here