Kenapa Lampu Rem Tambahan Dipasang di Tengah dan Lebih Tinggi?

Rata-rata mobil memang dilengkapi lampu rem sepasang di kiri dan kanan, jika ada tambahan lantas posisinya ada di tengah dan lebih tinggi.

Ternyata enggak soal estetika atau soal kesimetrisan desain, tapi lampu rem tambahan dipasang di tengah dan posisinya lebih tinggi ada fungsinya.

Bahasa keren lampu rem tambahan atau lampu rem ketiga itu adalah Centre High Mount Stop Lamp atau akrab juga dipanggil Centre Brake Lamp dan Third Brake Light.

Lampu rem ketiga ini bisa bikin buritan mobil terlihat lebih keren, tapi bukan itu tugas utamanya.

Fungsi utama dari lampu rem ketiga ini adalah untuk membantu pengemudi di belakang lebih mengetahui bahwa mobil di depan sedang mengurangi kecepatan secara bertahap atau tiba-tiba.

Dengan adanya tiga buah lampu rem yang menyala bersamaan, pengemudi di belakang akan lebih cepat memberikan respons atau bereaksi.

Makanya penempatan lampu rem ketiga di tengah dan lebih tinggi dari lampu rem kanan-kiri juga punya tujuan penting.

Posisi di atas ini tak hanya terlihat oleh pengemudi yang persis di belakang, tapi mampu menembus hingga 2-3 kendaraan di belakangnya.

Kalau cuma pakai lampu kanan-kiri saja, umumnya cuma terlihat jelas oleh pengemudi yang tepat berada di belakang.

Pengemudi yang berada 2 atau 3 mobil di belakang sering tidak bisa melihat nyala lampu rem karena terhalang bodi mobil di depannya.

Umumnya lampu rem ketiga ini menggunakan bohlam LED (Light Emitting Diodes).

Jadi seandainya mobil Anda masih menggunakan lampu rem sepasang kiri-kanan dan ingin memasang lampu rem ketiga, pastikan posisinya lebih tinggi dari lampu rem utama ya…

Sumber : https://www.gridoto.com/read/221950392/kenapa-lampu-rem-tambahan-dipasang-di-tengah-dan-lebih-tinggi-bukan-cuma-soal-estetika-ini-fungsinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here