Khasiat buaq buni

Tabex kawan,
Untuk memperkaya sumber vitamin dan mineral dalam rangka ketahanan pangan.
Saya menyebar biji Wuni atau Buni (Bacca Latin) di tanah kosong depan rumah.
Ada 5 yang tumbuh besar. 2 Jantan hanya berbunga lebat. 2 pohon betina berbuah lebat.
1 pohon terhambat karena dipotong pencari rumput.


Khasiat Buah Buni

Tanaman buah buni yang sudah siap untuk dipanen memiliki ciri-ciri warna yang keungu-unguan pertanda buah buni sudah menghasilkan kadar Antosianin yang tinggi. Antosianin sendiri merupakan sebuah senyawa yang memiliki manfaat sebagai penjaga kesehatan di pembuluh darah, kandungan gizi di buah buni juga sangat banyak, mulai dari Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B1, Vitamin B2, provitamin A, mineral besi dan lain sebagainya. Antosianin juga bekerja dengan cara mengoksidasi kadar LDL (lemak jahat) dalam tubuh. Buah buni juga dijadikan obat untuk penyakit – penyakit seperti kurang darah, darah kotor, hipertensi, jantung, pencernaan dan batuk. Berikut adalah penjelasan beberapa khasiat yang dihasilkan oleh buah langka ini:

Meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin C dengan dosis tinggi yang terdapat pada buah buni dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, serta mencegah terjadinyakanker usus. Hal ini terjadi karena pada daging buah buni kaya akan serat. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, buah bisa dimakan langsung atau dicampurkan sebagai bahan tambahan makanan.

Baik untuk menjaga kekebalan tubuh

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, buah buni juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan tubuh. Mengkonsumsi buah buni pada saat setelah melakukan pekerjaan yang berat akan mampu menyegarkan kembali tubuh yang sudah mengeluarkan banyak energi.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan provitamin A dalam buah buni sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan bisa mencegah terjadinya mata rabun dini.

Memperlancar saluran pencernaan

Karena sifat buah buni yang kaya akan serat, mengkonsumsi buah buni secara teratur akan mengisi kekurangan serat dalam tubuh, cocok sekali dikonsumsi pada saat mengalami pencernaan dan mencegah konstipasi.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Buah buni memiliki fungsi antioksidan yang berguna untuk mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel kanker, sertapenuaan dini. Adanya zat antioksidan juga berguna untuk menangkal efek radikal bebas

Peremajaan kulit

Seperti yang sudah diungkap sebelumnya, buah buni memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E. kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit karena akan meningkatkan proses degenerasi, menutrisi kulit, meremajakan kulit, serta menghilangkan sel – sel kulit mati, sehingga kulit terlihat lebih muda dan sehat.

Mencegah terjadinya hipertensi

Tidak hanya menyehatkan kulit, buah buni bermanfaat untuk antihipertensi dan kesehatan jantung yang abnormal. Buah buni ini juga bagus untuk dikonsumsi kepada penderita anemia atau kurang darah.

Mengobati bisul dan gatal

Sifat anti-inflamasi dan diuretic pada buah buni ini, dapat mengatasi berbagai penyakit kulit seperti misalnya gatal karena alergi, gigitan nyamuk, bisul, jerawat dengan cara mengoleskan buah yang sudah dihaluskan di letakkan pada bagian yang gatal.

Cara mengolah buah buni untuk kesehatan

Buah buni yang sudah matang dicuci hingga bersih, lalu dibuang bijinya. Buah yang sudah bersih bisa langsung dikonsumsi. Jika ingin berfariasi, buah buni bisa juga dimakan dengan sambal rujak atau diawetkan sebagai manisan dan diolah menjadi sirup sehat alami buatan tangan sendiri. Pengolahan buah buni bisa juga dilakukan dengan cara ditumbuk. Buah yang ditumbung bisa dijadikan sebagai jamu. Hasil tumbukan itulah yang dapat digunakan sebagai ekstrak jamu herbal.

Cara lain memanfaatkan buah buni yaitu dengan menyeduh. Hasil seduhan bisa diminum untuk menghilangkan rasa gatal dan dari sisa ampas seduhan bisa dioleskan kepada luka atau gatal ditubuh.

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai kebutuhan kesehatan, tanaman buah buni dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pioneer dalam kegiatan penghijauan karena menghasilkan daun – daunan yang berseling dan pangkalnya tumpul bahkan membulat. (K-AD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here