Kombes Pol Dessy Ismail Buka Acara Sosialisasi Perkap Pengamanan Swakarsa

Mataram – Pada Hari Kamis Tgl 21 Juli tahun 2021 Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) melalui Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) Subdit Binsatpam/polsus, menggelar Sosialisasi Lanjutan Peraturan Kepolisian Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa di Balai Latihan Kerja (BLK) Dasan Cermen Mataram terhadap Satuan Pengamanan PT. Cipta Perisai Mandiri 515 – SS.


Kegiatan tersebut di hadiri oleh 56 orang Satuan Pengamanan PT. Cipta Perisai mandiri – 515 SS dan dibuka langsung oleh Dir Binmas Polda NTB Kombes Pol Dessy Ismail, S.I.K, yang turut dihadiri Ps. Kasubdit Binsatpam/polsus Dit Binmas Polda NTB Kompol I Made Wiranata Adisanjaya, S.I.K, Kasiwasjaspam Subdit Binsatpam/polsus Kompol Amerun dan Plh. Kasi Diklat Iptu Jasa Yulianto, S.H.


Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada Pengamanan Swakarsa, dalam menciptakan rasa aman kepada masyarakat dan memelihara Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Nusa Tenggara Barat, Mewujudkan kesadaran warga masyarakat di lingkungan kawasan dan/atau permukiman guna penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, dan meningkatkan pembinaan penyelenggara dan kemampuan PAM SWAKARASA dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas di lingkungan masing-masing. Hal tersebut telah tertuang dalam Peraturan Kepolisian Nomor 4 Tahun 2020 (tentang PAM SWAKARASA) sebagai pengganti Peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan/atau Instansi/Lembaga Pemerintah.


Dalam arahannya, Dir Binmas Polda NTB Kombes Pol Dessy Ismail, S.I.K. mengatakan, situasi Kamtibmas di wilayah Hukum Nusa Tenggara Barat terkait beberapa peristiwa kejahatan dapat dikendalikan dan para pelaku telah diberikan tindakan yang tegas, keras dan terukur. Hal ini tentunya tidak terlepas dari dukungan masyarakat.


Tidak Lupa Ps. Kasubdit Binsatpam/polsus Kompol I Made Wiranata Adisanjaya, S.I.K, Menambahkan himbauan kepada peserta yang hadir pada kegiatan Sosialisasi Lanjutan Perpol Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa bahwa Kamtibmas di wilayah Nusa Tenggara Barat tidak hanya tanggung jawab para Polisi saja, namun menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat.
Polri membutuhkan bantuan dari masyarakat berupa laporan dan informasi dalam menjaga Kamtibmas di wilayah Pulau Seribu Masjid. Kita harus menjadi Polisi di rumah masing-masing, agar keluarga kita dapat terhindar dari dampak negatif khususnya di lingkungan keluarga.
Peraturan Kepolisian ini bertujuan untuk menseragamkan para aparat pengamanan, dan hal ini harus disosialisasikan tentang apa yang menjadi Hak dan Kewajiban, terkait Satuan Pengamanan sesuai Peraturan terbaru yakni Perpol No 4 Tahun 2020 tentang Pamswakarsa.


“Saya mengharapkan kepada Mitra Pengguna Satuan Pengamanan, bahwa kita harus menjadi keluarga yang harmonis, dan kita harus bisa bergandengan tangan dalam menjamin kestabilan Kamtibmas,” harap Kompol Made Wiranata.
“Aspek dari security adalah modal bagi Pengguna Jasa Satuan Pengamanan, karena Satpam menjadi ujung tombak keamanan di lingkungan usaha,”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here