Konsepsi dan Dikes Lombok Tengah gelar Diskusi Indikator Verifikasi STBM

Lombok Tengah – Bertempat di Hotel Grand Royal Batu Praya, Senin (3/8). Konsepsi bersama Dikes Lombok Tengah dan YPII menggelar diskusi Indikator Verifikasi STBM yang rencananya akan di gelar di 19 Desa Pilot Project Program WINNER di Kabupaten Lombok Tengah.

Direktur Konsepsi Dr Moh Taqiuddin membuka kegiatan tersebut dengan memberikan gambaran terkait STBM dan Stunting. ” Kami berharap, desa yang sudah melakukan Verifikasi data STBM dan layak untuk deklarasi, untuk mempersiapkan diri. Lombok Tengah merupakan Kabupaten yang banyak destinasi wisatanya, dan tentunya harus memastikan kondisi lingkungan yang bersih untuk layanan para wisatawan ” demikian Doktor Taqi, sapaan akrab Dosen Sosiologi Universitas Mataram ini.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Perwakilan dari Bapeda Lombok Tengah, Dinas Kesehatan, dan 18 Sanitarian dari 18 Puskesmas di wilayah Program WINNER di Lombok Tengah.

Konsorsium untuk Studi dan Pengembangan Partisipasi (KONSEPSI) dengan dukungan Yayasan Plan International Indonesia (YPII) berkomitmen untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya di bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan melalui Program Water and Sanitation Hyegene (WASH) melalui Women and Disability Inclusive WASH and Nutrition (WINNER) Project. Project yang didalamnya mencakup berbagai kegiatan untuk mendukung Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan Nutrisi melalui pendekatan parenting dengan melibatkan ECCD Center di Kabupaten Lombok Tengah.

WINNER Project dilaksanakan di 24 desa di 12 Kecamatan di Kabupaten Lombok Tengah yang meliputi : Desa Menemeng dan Desa Taman Indah (Kec. Pringgarata); Desa Mantang dan Desa Pagutan (Kec. Batukliang); Desa Aik Berik dan Desa Teratak (Kec. Batukliang Utara); Desa Kopang Rembige dan Desa Wajageseng (Kec. Kopang); Desa Selebung Rembige dan Desa Pendem (Kec. Janapria); Desa Barejulat dan Desa Sukarare (Kec. Jonggat); Desa Kuta dan Desa Mertak (Kec. Pujut); Desa Marong dan Desa Mujur (Kec. Praya Timur); Desa Dakung dan Desa Lajut (Kec. Praya Tengah); Desa Batu Jangkih dan Desa Darek (Kec. Praya Barat Daya); Desa Jago dan Desa Montong Terep (Kec. Praya); Desa Mekar Sari dan Desa Selong Belanak (Kec. Praya Barat)

WINNER Project bertujuan untuk mendorong perubahan sikap dan perilaku masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah khususnya masyarakat rentan terhadap sanitasi total dan memungkinkan untuk terjadinya perkembangan jumlah sarana sanitasi hygiene. Sementara secara khusus, project ini bertujuan meningkatkan dukungan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam meningkatkan perilaku higienis dan sanitair; menciptakan perilaku komunitas yang higienis dan sanitair untuk mendukung terciptanya sanitasi total; meningkatkan ketersediaan sarana sanitasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan melestarikan pengetahuan dan pembelajaran dalam sanitasi total.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here