Mengulik Pesona Alam dan Budaya Desa Wisata Bonjeruk

Liputan6.com, Jakarta – Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2021 telah mengumumkan pemenang desa wisata dari tujuh kategori. Salah satunya adalah Desa Wisata Bonjeruk yang masuk dalam lima Desa Wisata Terbaik Kategori Toilet Umum.

Desa Wisata Bonjeruk berlokasi di Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dikutip dari laman resmi Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Selasa (14/12/2021), desa wisata ini masih memegang teguh adat kebiasaan Suku Sasak.

Desa Wisata Bonjeruk dikenal sebagai desa bersejarah. Desa wisata ini pernah menjadi Pusat Pemerintahan Kedistrikan Hindia Belanda pada masa kolonial.

Desa ini juga dikenal dengan bangunan-bangunan tua bergaya arsitektur Eropa yang kontras dengan wilayah pedesaan tradisional. Salah satunya gapura bertuliskan “Bondjeroek den 10 mei” dengan angka 1933 di bawahnya.

Berdiri di tahun tersebut, gapura ini sebagai gerbang masuk menuju komplek perumahan berdesain art deco peninggalan Belanda. Di desa ini, ada beberapa bangunan bergaya Eropa lainnya.

Desa Wisata Bonjeruk menawarkan potensi alam dengan pengalaman agrowisata, mulai dari pertanian, perkebunan buah, hingga persawahan. Turis yang datang dapat mencoba buah langsung dari kebun desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here