Operasi Zebra Rinjani 2020 Berakhir, Banyak Lomba dan Pemberian Bansos

Mataram – Operasi Zebra Rinjani 2020 telah berakhir setelah berlangsung selama 14 hari, terhitung sejak 26 Oktober sampai 8 November 2020. Operasi yang di gelar saat masa Pandemi Covid 19 secara khusus tidak memberlakukan tilang tetapi memperbanyak tindakan Preemtif dan preventif serta program edukatif dalam bentuk dikmas di berbagai lokasi serta dengan mengadakan berbagai lomba yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu taati aturan lalu lintas dan protokol kesehatan Covid-19.

Demikian dijelaskan Kombes Pol Noviar, S.IK dalam keterangannya kepada media. ” Sesuai perintah Kapolri, selama Operasi Zebra tidak diberlakukan tilang, khusus di Ditlantas Polda NTB diadakan lomba Tik Tok Challenge Zebra Rinjani 2020 dengan tema khusus seputar Keselamatan berlalu lintas dan protokol kesehatan Covid-19″ jelas Noviar di Mataram pada hari Minggu 8 Oktober 2020.

Masih menurut Noviar, selain itu, dalam Operasi Zebra Rinjani 2020 ini dilaksanakan pembagian Bantuan sosial (Bansos) kepada yang membutuhkan serta pembagian masker kepada masyarakat. ” Selama 14 (empat belas) Hari pelaksanaan Operasi, dilaksanakan giatn Baksos : Masker,obat2an dan multivitamin serta helm.
Selama pelaksanaan Operasi tidak dilakukan penilangan (nihil) dengan fokus pada pemberian edukasi ,himbauan Keselamatan dan disiplin berlalu lintas dan protokol kesehatan Covid-19 ” ungkap Noviar.

Dirlantas Polda NTB juga memberikan apresiasinya kepada para Kasatlantas se Jajaran Polda NTB yang telah kreatif melakukan himbauan Keselamatan melalui pelaksanaan lomba – lomba.” Kreatifitas Kasatlantas seperti mengadakan lomba video pendek, komik Keselamatan, desain baliho dengan tema Keselamatan berlalu lintas. Ini akan menjadi standar bagi para Kasatlantas untuk selalu kreatif di era digital ini” tutup Dirlantas.

Untuk diketahui, Lomba Tik Tok Challenge Zebra Rinjani 2020 yang diadakan Ditlantas Polda NTB dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya kalangan milenial akan diumumkan pemenangnya pada tanggal 9 November 2020 dengan batas penilaian oleh masyarakat di akun Instagram @ditlantaspoldantb tepat tanggal 8 November 2020 jam 24.00 Wita. Penilaian yang dilakukan masyarakat tersebut dengan memberikan komentar sesuai nomor urut pesertanya.

Selain itu, Satlantas se Jajaran Polda NTB juga mengadakan berbagai kegiatan lomba dan telah mengumumkan pemenangnya yaitu lomba video pendek Keselamatan yang diadakan Satlantas Polres Lombok Barat dan Sumbawa Barat, Lomba Komik Keselamatan diadakan oleh Satlantas Polres Lombok Timur, sedangkan Satlantas Polres Lombok Tengah mengadakan lomba desain baliho bertemakan Keselamatan berlalu lintas.

Satlantas Polres Kota Mataram mengadakan lomba Stand Up Komedi. Kemudian Satlantas Polres Sumbawa mengadakan lomba foto yang bertemakan Keselamatan berlalu lintas sama dengan tema yang diangkat oleh Satlantas Polres Bima Kota yaitu Lomba Tik Tok Keselamatan. Para pemenang telah diumumkan di akun Instagram resmi di masing-masing Satlantas.

Operasi Zebra ini sendiri serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia selama 14 hari sejak 26 Oktober lalu. Untuk di Nusa Tenggara Barat, nama Operasinya adalah Operasi Zebra Rinjani 2020 yang sebelumnya bernama Operasi Zebra Gatarin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here