Pasukan pengamanan ajang balap di Sirkuit Mandalika mulai beroperasi

Mataram (ANTARA) – Pasukan pengamanan yang bertugas dalam ajang balap motor di areal Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat, kini mulai beroperasi.

Pasukan yang berasal dari personel gabungan TNI, Polri, dan instansi pemerintahan itu melaksanakan tugas pengamanannya usai Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal menggelar apel pasukan dan peralatan Operasi Mandalika Rinjani 2021 di Lapangan Bhara Daksa, Mapolda NTB, di Mataram, Kamis.

“Jadi seluruh peralatan dan personel hari ini masuk ke lokasi masing-masing untuk melakukan pengamanan. Ini semua, personel gabungan,” kata Iqbal.

Dalam menjalankan tugasnya, Iqbal mengingatkan kepada seluruh personel untuk melakukan pengamanan secara profesional dengan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya di lapangan.

Hal demikian ia sampaikan mengingat ajang ini akan menjadi tolok ukur dari pertaruhan nama baik Indonesia sebagai salah satu lokasi penyelenggara tahunan balap motor kelas dunia.

Dalam operasi ini, terlibat sebanyak 3.000 personel gabungan yang terdiri dari 2.058 personel Polda NTB beserta jajaran; 300 personel TNI; dan 465 personel gabungan dari instansi pemerintahan; serta 408 personel perbantuan dari Mabes Polri.

Peralatan pendukung operasi, antara lain, dua unit kapal dan satu unit helikopter dari Korpolairud Baharkam Polri; 35 unit kendaraan roda dua dan 24 unit kendaraan roda empat dari Korlantas Polri; 16 kendaraan taktis Brimob; 19 ekor anjing pelacak K-9 dari Korsabhara Baharkam Polri.

Selain itu ada lagi dua unit mobil pusat komando dari Divisi TIK Polri; 13 unit kendaraan khusus dari Ditpamobvit Korsabhara Baharkam Polri; lima tim jibom dan lima tim operator pesawat nirawak atau drone Korbrimob Polri.

Tugas pengamanannya bukan hanya berada di sekitar kawasan sirkuit. Areal perbukitan yang ada di sekitarnya, perhotelan, pantai dan objek vital lainnya yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika juga menjadi atensi pengamanan.

Keselamatan para penonton, pembalap bersama kru, dan pengunjung di KEK Mandalika menjadi bagian dari tugas pengamanan. Personel akan melaksanakan tugas pengamannya melalui pos yang telah ditentukan.

“Dari apa yang sudah kita jalankan sebelumnya, ini adalah puncak dari simbol kesiapan personel untuk melaksanakan pengamanan IATC dan WSBK,” ujarnya.

Pada Jumat (12/11), Mandalika International Street Circuit, akan menjadi lokasi perdana untuk ajang balap motor Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021. Sepekan kemudian, tepatnya pada Jumat (19/11), berlanjut ajang balap motor seri terakhir dari World Superbike (WSBK) 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here