Profil Kapolda NTB Pengganti Irjen Pol Tomsi Tohir

Kadivhumas Polri Irjen Muhammad Iqbal tak lama lagi bakal meninggalkan Mabes Polri, Jakarta. Dia mendapat promosi menjadi Kapolda NTB (Nusa Tenggara Barat).

“Irjen Pol Muhammad Iqbal Kadivhumas Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda NTB,” demikian salah satu poin Telegram Kapolri Nomor ST/1378/V/KEP/2020 tertanggal 1 Mei 2020 yang diteken Wakil Kepala Polri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Kapolri Jenderal Idham Azis memutasi 271 perwira tinggi dan menengah di tubuh Polri, salah satunya M. Iqbal.

Iqbal menggantikan Irjen Tomsi Tohir yang baru menjabat Kapolda NTB sejak 20 Desember 2019. Selanjutnya Tomsi bertugas sebagai Staf Ahli Bidang Sosial Politik (Sahlisospol) Kapolri.

Irjen Pol Drs Tomsi Tohir


Dilansir dari wikipedia, M Iqbal memiliki nama lengkap Irjen Pol Muhammad Iqbal, SIK, MH.

Ia lahir di Palembang, Sumatra Selatan, 4 Juli 1970.

Ia adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 9 November 2018 mengemban amanat sebagai Kepala Divisi Humas Polri.

Iqbal, lulusan Akpol 1991 ini berpengalaman dalam bidang lantas.

Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur.


Karier

Iqbal mengawali kariernya sebagai Pamapta Polresta Banjarmasin Polda Kalselteng.

Karier kepolisiannya terus menanjak.

Setelah empat tahun menjabat sebagai Guru Muda I Pusdik Lantas Polri Serpong, Tangerang ia mendapatkan promosi jabatan sebagai Kasat Lantas Poltabes Pekanbaru Polda Riau pada tahun 2000.

Jalin Hubungan Baik dengan Media

Dilansir dari Surya.co.id, Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Muhammad Iqbal meraih penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim di bidang keterbukaan informasi publik.

Penghargaan tersebut diberikan Ketua PWI Jatim, Akhmad Munir dalam puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2019 dan HUT PWI ke 73 Jatim yang digelar di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Rabu (27/3/2019) malam.


Dalam sambutannya Muhammad Iqbal mengatakan, dalam keberjalanan karirnya, ia merasa sangat dibantu dengan hadirnya media di sekelilingnya.

Dari media, Muhammad Iqbal mengatakan, kepolisian bisa menyampaikan konten positif pencapaian Polri dan memberikan imbauan kepada masyarakat melalui media dalam situasi dan kondisi tertentu.

“Dan kami sadar, media ini sangat berpengaruh pada persepsi publik,” ucap Iqbal dalam sambutannya di Gedung Negera Grahadi Surabaya, Rabu (27/3/2019).


Iqbal yang pernah menjadi Kapolres Gresik, Sidoarjo, Kapolrestabes Surabaya dan Wakapolda Jatim menceritakan, dua kali ia memperoleh kenaikan pangkat di perwira tinggi polri juga dari bidang Humas yang bersinggungan langsung dengan media.

“Jadi dua kali bintang saya di Humas, yang pertama (Brigjen) saat melepas jabatan saya sebagai Kapolrestabes Surabaya saya menjadi Karo Penmas di Divisi Humas. Tiga bulan yang lalu saya mendapat amanah Kadiv Humas Mabes Polri (Irjen),” ucap Iqbal.

Penghargaan dari PWI Jatim tersebut, lanjut Iqbal semakin memotivasi dirinya untuk lebih baik mengomandoi Divisi Humas polri dan lebih baik lagi menyampaikan informasi serta bermitra dengan teman kami yaitu media sama-sama menjaga NKRI.

Iqbal meminta kerjasama dengan media khususnya tahun ini (2019) dimana memasuki tahun politik jelang pesta demokrasi Pemilu serentak tahun 2019.

“Satu hal yang perlu saya katakan bahwa saat ini lah teman-teman media harus menunjukkan jiwa jurnalismenya, untuk menyampaikan berita kesejukkan di tengah masyarakat, cooling system di tengah masyarakat. Membantu kepolisian, membantu TNI untuk menyampaikan pesan sejuk di tengah pesta demokrasi,” ucap Iqbal.

Data Diri:

Nama: Irjen Pol Muhammad Iqbal, SIK, MH.

Nama Lain: M Iqbal

Lahir: 4 Juli 1970


Tempat Lahir: Palembang, Sumatra Selatan

Alma mater: Akademi Kepolisian (1991)

Profesi: Polisi

Pendidikan:

Akademi Kepolisian (1991) Pendidikan Spesialisasi Lalu Lintas di Belanda (1996) Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) (2000) Sekolah Staf Pimpinan Kepolisian (Sespimpol) (2005) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) (2016)
Karier:

Pamapta Polresta Banjarmasin Polda Kalselteng (1992) Wakasat Lantas Polresta Banjarmasin, Polda Kalselteng (1993) Kasat Lantas Polres Kota Baru Polda Kalselteng (1994) Guru Muda I Pusdik Lantas Polri Serpong, Tangerang (1996) Kasat Lantas Poltabes Pekanbaru Polda Riau (2000) Wakapolresta Dumai Polda Riau (2003) Koorspri Kapolda Riau (2004) Koorspri Kapolda Jatim (2005) Kasat Lantas Polwiltabes Surabaya Polda Jatim (2007) Kapolres Gresik Polda Jatim (2008) Kapolres Sidoarjo Polda Jatim (2009) Wakapolwiltabes Surabaya Polda Jatim (2010) Kepala SPN Lido Polda Metro Jaya (2011) Kapolres Jakarta Utara Polda Metro Jaya (2012) Kabid Humas Polda Metro Jaya[1] (2015) Analis Kebijakan Madya bidang Dalops Sops Polri (dalam rangka Sespimti) (2016) Kapolrestabes Surabaya Polda Jatim (2016) Karopenmas Divhumas Polri (2017) Wakapolda Jatim (2018) Kepala Divisi Humas Polri (2018) Kapolda NTB (2020)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here