Puncak Peringatan HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke 65 di Gelar 22 September

Mataram – Peringatan HUT Lalu Lintas Bhayangkara yang ke 65 oleh Ditlantas Polda NTB akan diadakan puncak pelaksanaannya di NTB pada hari Selasa, 22 September 2020 atau tepat di tanggal kelahiran Polisi Lalu Lintas Bhayangkara. Berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan sejak 10 hari sebelumnya. Di mulai dari pemberian bantuan sosial kepada masyarakat, purnawirawan dan warakawuri. Kemudian senam sehat yang dirangkai dengan pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah.

Ditlantas Polda NTB juga memberikan bantuan kepada para Korban kecelakaan lalu lintas berapa kursi roda yang merupakan program kerjasama dengan PT Jasa Raharja NTB.

Bentuk kerja sama lainnya adalah juga memberikan bantuan beasiswa kepada 15 siswa/siswi berprestasi se NTB. Mulai dari tingkat SD sampai SMA, sebagai bagian tindak lanjut dari program webinar belajar lalulintas dengan peserta 50 (lima puluh) siswa se NTB yang telah menerima materi Keselamatan berlalu lintas di era pandemi Covid-19. Kegiatan tsb dilaksanakan diisi materi oleh Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Noviar, S.I.K dan Kepala Cabang PT Jasa Raharja NTB Bapak Mulyadi.

Demikian dijelaskan Kombes Pol Noviar, S.I.K kepada media pada Sabtu (19/9) di Mataram. ” Kami juga mengadakan lomba pembuatan video edukasi tentang keselamatan berlalu lintas dan protokol kesehatan Covid-19 dengan tema Zebra Kampung Sehat Movies Competition dan juga lomba Fotografi. Semua peserta maupun pemenang lomba tersebut akan kami tampilkan di acara puncak kegiatan tersebut ” jelas Kombes Pol Noviar.

” Konsep acaranya sederhana namun khidmat dan tetap menerapkan Protokol kesehatan Covid-19. Undangan maupun pantai kegiatan kurang dari 50 orang dan telah disiapkan thermogun serta tim medis. Acara ini direncanakan sekaligus launching Program Yanlik Go SIM dan Samsat apps sebagai bagian pelayanan yg mengacu adaptasi baru cegah covid 19, Insya Allah acara akan dihadiri oleh Kapolda NTB, Gubernur NTB, dan Forkopimda NTB ” tambah Dirlantas.

Sejarah Singkat Polisi Lalu Lintas

Korlantas sebenarnya sudah eksis sejak zaman penjajahan Belanda. Pada zaman itu, Pemerintah Hindia Belanda menganggap perlu sebuah wadah untuk mengimbangi perkembangan lalu lintas yang semakin meningkat. Sehingga pada tanggal 15 Mei 1915 lahirlah organ lalu lintas yang disebut Voer Wesen, dan diperbaharui menjadi Verkeespolitie, yang artinya Polisi Lalu Lintas dalam bahasa asli Belanda.

Memasuki zaman penjajahan Jepang, peran Korlantas sedikit mengalami gradasi. Berbagai tugas keamanan dan pengamanan yang diambil oleh militer Jepang membuat Korlantas dilakukan oleh Kempetai (sebutan untuk Polisi Militer Jepang).

Walaupun naik turun melalui zaman Penjajahan Jepang dan masa Kemerdekaan, eksistensi Korlantas dipertegas pada tanggal 22 September 1955. Kepala Jawatan Kepolisian Negara mengeluarkan Order No 20 / XVI / 1955 tanggal 22 September 1955, tentang Pembentukan Seksi Lalu Lintas Jalan, di bawah Kepala Kepolisian Negara. Tanggal 22 September inilah yang menjadi acuan dari ulang tahun Korlantas yang dirayakan hari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here