Road to Festival Pesona Senggigi, Pameran UMKM Lombok di Hotel Holiday Resort

TEMPO.CO, Mataram – Puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), membawa produk kreatif mereka ke Hotel Holiday Resort Lombok. Sejak Jumat, 1 Oktober 2021, pemerintah NTB menggelar Road to Festival Pesona Senggigi sebagai “pemanasan” menyambut berbagai ajang wisata berkelas dunia.

Seperti diketahui, NTB akan menjadi tuan rumah lomba balap sepeda motor World Superbike pada November 2021 dan MotoGP Mandalika pada 2022. Sebab itu, para pelaku UMKM harus bersiap dan mempraktikkan apa saja yang perlu mereka lalui sebelum turut serta dalam agenda pariwisata kelas dunia tersebut, termasuk soal protokol kesehatan.

Para pelaku UMKM harus registrasi dulu ke aplikasi Ayo ke Lombok. Mereka juga berkoodinasi dengan penyelenggara acara Road to Festival Pesona Senggigi soal booth dan apa saja persiapannya sebelum pameran dimulai. Barulah para pelaku UMKM dapat memerkan hasil karya mereka yang berupa kain tenun, rajut, olahan kopi, madu, produk daur ulang sampah, lukisan, aneka tanaman, dan lainnya.

Sekretaris Deputi Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UMKM, Aufrida Herni Novieta mengatakan pameran yang digagas oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat ini tepat sebagai upaya pemulihan dan kebangkitan ekonomi pelaku UMKM, khususnya di bidang ekonomi kreatif. “Timing (waktunya) juga tepat,” katanya Aufrida saat membuka pameran.

Dia berharap pameran tersebut bisa menjadi sarana bagi para pelaku UMKM untuk kembali menggeliat, mempromosikan, dan mamasarkan produk-produk unggulan mereka. “Kalau menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, ‘ekonomi kreatif adalah garda terdepan pemulihan ekonomi nasional’, bagi kami, para pelaku UMKM adalah pahlawan ekonomi bangsa,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Saepul Akhkam mengatakan pameran ini merupakan langkah awal untuk membuktikan kesiapan Kabupaten Lombok Barat dalam menyambut agenda pariwisata apapun yang bakal berlangsung. “Apapun yang akan ada di Lombok, Sumbawa, Lombok Barat, kami selalu siap,” ujarnya.

Dia berharap pameran ini bukan sekadar wahana promosi, melainkan juga beranjak ke transaksi meski dalam skala kecil. Pameran Road to Festival Pesona Senggigi berlangsung selama tiga hari, Jumat-Ahad, 1-3 Oktober 2021. Para tamu dari dalam dan luar hotel berkunjung ke pameran. Ada yang melihat-lihat, ada pula yang membeli sejumlah suvenir hasil kreasi para perajin.

Seorang pelaku UMKM dari Desa Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, yang turut serta dalam pameran, Erna senang karena bisa kembali memperlihatkan karyanya secara langsung kepada wisatawan. “Saya senang sekali bisa berpartisipasi di sini,” katanya. Erna optimistis roda ekonomi kreatif akan berputar seiring dengan banyaknya agenda pariwisata yang berlangsung di NTB.

Sumber : https://travel.tempo.co/read/1513333/road-to-festival-pesona-senggigi-pameran-umkm-lombok-di-hotel-holiday-resort/full?view=ok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here