Rumah Tradisional

[Sasak.Org] Orang Lombok mengenal beberapa jenis bangunan tradisional yang dijadikan sebagai tempat tinggal sekaligus sebagai tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan adat maupun spiritual keagamaan baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingn masyarakat.

Adapun jenis-jenis bangunan tradisional yaitu seperti bale jajar, bale kodong dan gunung rata. Dari sekian jenis bangunan tempatitnggal tersebut bale jajar-lah yang bannyak dipergunakan baik di kota maupun di pedesaan terutama di pedusunan-pedusunan. Bale jajar biasanya bertiang delapan atau dua belas dengan bubungan sepanjang dua meter pada bagian atas yang disbut semoko (bantek), bungus (kuranji). Rumah ini hanya mempunyai satu pintu masuk dibagian depan dan aslinya jarang ada yang berjendela serta terbagi atas tiga buah ruangan.

Tiang rumah ini terbuat dari bahan kayu jot, kelapa, nangka dan lain-lain yang dianggap kuat dan bisa bertahan lama yang berfungsi sebagai penopang dan menggambarkan kekuatan. Sedangkan sebagai atap terbuat dari ilalang yang diambil dipadang rumput yang biasanya terdapat di bukit-bukit lereng gunung di Lombok Timur.

Atap dari ilalang ini disebut atap re, sedangkan atap yang terbuat dari daun kelapa disebut atap boboq. Tetapi saat ini, karena perkembangan zaman, masyarakat banyak yang beralih ke atap genting, seng maupun asbes.

Dinding rumah adat Lombok Timur pada umumnya dibuat sendiri oleh pemilik rumah dari bahan bambu. Untuk penguat (tali) dan paku terbuat dari bambu tali. Tinggi pondasi biasanya dua meter dengan anak tangga lima susun yang terbuat dari tanah.

Dibagian dalam rumah ada ruangan yang disebut sesangkok yang berfungsi sebagai ruang peneripersemayaman sementara jenazah keluarga sebelum dimandikan. Masyarakat Lombok sebelum mendirikan bangunan tempat tinggal atau bangunan lainnya mencari hari, tanggal dan bulan tertentu yang dinggap baik. Perhitungan bulan yang dipakai sebagai pedoman adalah bulan atas (Hijriah). Menentukan hari dan bulan baik ini dimaksudkan sebagai penangkal sial.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here