Sayur Lebui Khas Sasak

Sayur Lebui Merupakan Sayur Kedelai Hitam Racikan Resep Khas Lombok

Jika Anda datang ke LombokNusa Tenggara Barat, mampirlah untuk mencicipi masakan khas daerah yang bernama Sayur Lebui. Seperti kebanyakan kuliner daerah yang mulai terlupakan oleh maraknya makanan cepat saji, Sayur Lebui ini pun saat ini sudah jarang diolah dan dinikmati. Sayur Lebui ini mirip sekali dengan kacang hijau. Bedanya jika kacang hijau, kacangnya hijau, jika Sayur Lebui, kacangnya hitam.

Sayur Lebui merupakan sayur kedelai hitam racikan resep khas Lombok. Rasanya tak perlu diragukan, bagi masyarakat Lombok tentu sudah tidak asing lagi dengan kelezatannya. Karena kepopulerannya, Sayur Lebui ini sering juga dicandakan dengan sebutan Sayur Lebai.  Sensasi lezat menikmati Sayur Lebui akan lebih terasa jika disajikan hangat. Penyajiannya juga pas bila disandingkan dengan nasi putih serta menu lauk lainnya.

Jika anda berkunjung ke Lombok, anda bisa menikmati Sayur Lebui di setiap rumah makan atau lesehan. Pada tempat-tempat makan sajian khas Lombok tersebut, Sayur Lebui populer dengan sebutan masakan kampung. Masakan ini sering disandingkan dengan masakan khas Lombok lainnya seperti pelecing kangkung dan Ayam Bakar Taliwang. Sayur Lebui menawarkan sensasi lezat dan nikmat ketika pertama kali mencobanya.

Membuat Sayur Lebui ini tidaklah sulit. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan di warung-warung atau pasar tradisional. Bahan pokok untuk pembuatan Sayur Lebui ini yaitu kacang kedelai hitam, lengkuas, kunyit, cabai, bawang putih, bawang merah, tomat dan terasi. Untuk menambah cita rasanya, anda dapat menambahkan beberapa jenis daun sayur hijau lainnya seperti daun kemangi, daun pitsae atau sawi putih, sesuai selera.

Kedelai hitam pertama-tama direbus terlebih dahulu hingga menjadi lunak. Air rebusannya jangan dibuang, nantinya air tersebut akan menjadi kuah masakan. Sembari menunggu, anda bisa menghaluskan semua bumbu, lalu kemudian ditumis. Setelah itu, barulah bumbu-bumbu dimasukkan dalam rebusan kedelai hitam bersama dengan sayur hijau lainnya. Selain cita rasanya yang lezat, Sayur Lebui juga berkhasiat untuk menambah stamina tubuh. Kandungan lebui atau kedelai hitam memberikan kandungan gizi seimbang bagi tubuh.

Sumber : https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-lombok/sayur-lebui-nikmatnya-salah-satu-kuliner-khas-lombok.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here