Siap Siap Menanam Jagung

Sumbawa [Sasak.org] Bila di Pulau Lombok, mayoritas petani siap-siap untuk menanam padi dengan masuknya musim ketaun (penghujan), maka berbeda dengan sebagian masyarakat  Pulau Sumbawa, mereka bersiap-siap menanam jagung. Khususnya di ladang-ladang yang tandus dan bergunung seperti yang tampak di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat.

Tampak traktor mobil sedang mengolah tanah di senayan pototano KSB
Tampak traktor mobil sedang mengolah tanah di senayan pototano KSB

Tampak mobil traktor mulai bekerja di berbagai ladang di Senayan KSB. “Mereka banyak yang dari Lombok Timur, kami biasa mengantri untuk bisa menggunakan traktor tersebut. Kalau traktor tangan jelas tidak mampu menangani lahan kami ini” jelas Abdullah, warga Senayan Pototano ketika bertemu dengan Sasak.Org.
Kesempatan untuk menanam hanya di musim penghujan. Bila telah lewat musim penghujan, bisa dipastikan akan tampak pemandangan tandus seperti tidak terurus dengan tambahan pemandangan sapi-sapi yang digembalakan seperti tidak punya pemilik. Program PIJAR yang dicanangkan Pemprov NTB yang jagung merupakan salah satu komponen unggulannya seperti tidak terdengar lagi, padahal potensi produksi jagung khususnya di Pulau Sumbawa sangat besar. [WKS/Zkp]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here