Writingthon Festival Perpusnas RI Hadir di Mataram Lombok

Peserta Writingthon Festival Mataram Lombok

Mataram, NTB. Aktivitas literasi kembali hadir di Lombok, tepatnya di kota Mataram, Sabtu dan Minggu (10 sampai 11/09 2022). Event ‘Perpusnas Writingthon Festival Workshop Menulis’ bertemakan ‘Program Literasi Terapan dan Inklusif Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Masyarakat Berbasis Inklusi Sosial’. Kegiatan literasi khusus yang diadakan oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Ri yang bekerja sama dengan platform menulis Storial Co. Kota Mataram adalah kota ke-5 dari total 7 kota se-Indonesia.

Sebelum sampai di Mataram, pelaksanaan Writingthon sudah berlangsung di Jakarta, Kendari, Enrekang, Bangka. Selanjutnya, usai dari ibukota provinsi NTB, gerakan menulis maraton ini dilaksanakan di Ternate dan Manokwari. 

Mas Ega dari Storial Co membuka acara di hari pertama. Dokpri

“Total peserta sudah mencapai 900 lebih orang dan semuanya sudah mulai menulis. Event ini merupakan dua kegiatan utama, yakni Kompetisi dan Workshop Menulis. Khusus untuk kompetisi, tiga jenis lomba meliputi Lomba Menulis Non Fiksi, Fiksi Novel serta Fiksi Cerpen, “ urai Mas Ega, perwakilan dari Storial Co yang membuka kegiatan di hari pertama.

Di hari pertama, narasumber yang hadir membagikan pengalaman pribadinya adalah penulis buku non fiksi Totok Hariyanto, S.E. M.M.. Salah satu bukunya, berjudul Komunikasi Bisnis Metode dan Implementasi dan beberapa judul buku lainnya.

“Pandemi justru membuat saya jadi produktif. Alhamdulillah, belasan buku saya terbit dan tahun lalu sudah mulai mendapatkan royalti, “ sebagian dari perkenalan Toto, di awal dari materi yang disampaikan ke peserta writingthon kota Mataram.

Dosen dan Penulis Totok Hariyanto menunjukkan koleksi buku karyanya. Dokpri

Dua hari workshop menulis dimulai pukul 9 pagi sampai 3 siang. 50 lebih peserta di kota Mataram antusias mengikuti. Baik dua orang santri dari Pesantren Alam Sayang Ibu, dosen dan guru, blogger, ibu rumah tangga serta masih banyak latar belakang lainnya.

Untuk kompetisi lomba menulisnya sendiri, sudah dimulai dan siapapun bisa ikut. Informasi lengkap lomba bisa didapatkan di situs Storial Co, sosial media khusus Writingthon Festival dan juga Perpusnas RI. Dari tiga jenis lomba di atas, total hadiah yang diperebutkan sejumlah 80 juta rupiah.

Ahad, 11 September, narasumber yang hadir akan membagikan materi terkait penulisan fiksi. Dua materi yang diharapkan dapat memberikan bekal cukup, bagi siapapun yang menyukai menulis, hadir di dua hari workshop, mengikuti lomba menulis dan seterusnya tetap konsisten menulis. (adm- Muslifa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here