Kenali Zambuk, Obat Nyeri Otot Pada Anak

Ilustrasi anak yang sehat tanpa nyeri otot, liburan bersama orang tua

Meskipun bukan merupakan penyakit akut apalagi berbahaya, nyeri otot membuat penderitanya merasa tidak nyaman hingga kesakitan. Parahnya lagi, bukan hanya orang dewasa saja yang bisa terkena nyeri otot yang disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari membawa beban yang berat hingga cedera akibat aktivitas fisik. Anak-anak juga berpotensi mengalami hal tersebut terutama jika mereka tergolong aktif yang banyak bergerak dan bermain.

Jika buah hati mengalami nyeri yang mengganggu ini, apa yang bisa dilakukan orang tua untuk meredakannya? Yuk, simak informasinya berikut ini.

Mengenal Nyeri Pada Otot Anak Yuk

Nyeri otot adalah rasa sakit atau nyeri yang dirasakan di jaringan otot pada tubuh, dengan area spesifik yang bisa berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain tergantung dari aktivitas yang dilakukan. Oleh karena penyebab utamanya seringkali karena tekanan di titik tertentu atau kegiatan fisik berlebihan maka sejatinya siapapun bisa mengalami cedera ini, termasuk juga anak-anak.

BACA ULANG: Doorprize Bagi Nakes di Kecamatan Pujut

Bahkan, umumnya nyeri pada otot anak bisa terasa lebih menyiksa karena pada usia ini mereka lebih fokus bermain daripada merasakan keluhan seperti sakit otot. Akibatnya, otot yang sudah lelah atau mengalami trauma masih terus diforsir sehingga saat beristirahat, nyerinya akan semakin tajam dan menyakitkan.

Bicara soal nyeri yang terjadi pada anak-anak, ada jenis cedera serupa yang juga sering dialami yaitu keseleo ringan. Saking serunya bermain dan berkejaran dengan teman-temannya, ada kalanya buah hati jadi mengabaikan langkah kakinya sehingga salah menapak dan terkilir. Sama halnya seperti sakit otot, keseleo ringan seperti ini memang tidak fatal namun nyerinya dapat membuat anak kesakitan. Belum lagi jika terjadi bengkak yang membuat si Kecil bahkan sulit bergerak untuk sementara.

Jangan mengabaikan kedua cedera ringan ini ya, Ma. Nyeri pada otot anak dan keseleo ringan tidak bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan yang tepat. Meskipun tidak harus dirawat di rumah sakit, Mama perlu memberikan penanganan cermat agar nyeri lekas berkurang dan bengkak tidak semakin menjadi-jadi.

Pertolongan Pertama Pada Nyeri Otot

Ketika buah hati mengalami dua keluhan kesehatan di atas, jangan panik. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah sebagai pertolongan pertama. Penanganan tersebut meliputi:

  • Istirahat
    Saat mengalami nyeri pada otot dan juga keseleo ringan, pertolongan pertama yang wajib dilakukan terlebih dahulu adalah mengistirahatkan bagian yang terasa sakit. Dengan meminimalkan gerak tubuh, otot dapat lebih rileks dan terhindar dari tekanan atau tarikan lebih lanjut yang membuatnya semakin nyeri.
  • Gunakan kompres dingin
    Baik nyeri pada otot maupun keseleo ringan anak dapat diredakan dengan menggunakan kompres dingin. Suhu dingin yang mengenai kulit membantu “membekukan” saraf sakit sehingga perlahan nyeri akan berkurang. Kompres dingin dapat dilakukan dengan merendam handuk di dalam air es atau membungkus es batu dengan kain kemudian meletakkannya di area yang terasa sakit.
  • Gunakan kompres hangat
    Selain kompres dingin, kompres hangat juga bisa diandalkan untuk meredakan cedera. Nyeri yang dirasakan ini bisa jadi karena otot tegang akibat kegiatan fisik yang dilakukan. Dengan kompres hangat, otot kaku akan lebih rileks sehingga nyeri dapat berkurang perlahan. Jika tidak bisa menggunakan kompres hangat, mandi dengan air hangat cenderung panas juga bisa menjadi alternatif.
  • Minum obat penghilang rasa sakit
    Ada kalanya buah hati merasa nyeri di otot dan keseleonya sangat mengganggu hingga berbagai langkah pertolongan di atas seakan tidak memberikan hasil. Untuk membuatnya lebih nyaman dalam waktu cepat, Mama bisa memberikan obat penghilang rasa sakit atau painkiller seperti ibuprofen atau parasetamol dengan dosis tepat seperti yang tertera pada kemasan. Obat ini bekerja dengan menaikkan resistensi tubuh terhadap rasa sakit sehingga nyeri akan berangsur membaik dan anak dapat istirahat hingga ototnya tak lagi sakit.
  • Oleskan salep yang mengandung eucalyptus
    Bukan rahasia lagi jika bahan alami seperti eucalyptus memiliki manfaat untuk meredakan ketegangan yang terjadi pada otot. Mama bisa mengoleskan salep dengan kandungan tersebut ke bagian tubuh anak yang terasa nyeri. Akan lebih baik jika salep yang digunakan juga dilengkapi dengan kandungan camphor untuk memaksimalkan khasiatnya dalam membantu mengurangi sakit pada otot.

Zambuk adalah salep yang bisa diandalkan dalam situasi ini karena mengandung bahan alami seperti eucalyptus dan camphor yang dikenal mampu membantu meredakan nyeri otot dan juga gigitan serangga. Sensasi hangat yang terasa setelah pemakaian membuat buah hati nyaman, jadi pastikan selalu sedia Zambuk di rumah untuk pertolongan pertama.

*Artikel ditulis ulang berdasarkan beberapa referensi artikel – Penulis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here