Pos Pengamanan WSBK di Tambah

Lombok Tengah – Gelaran perdana balap motor di Sirkuit Mandalika sudah di depan mata. Polda NTB mematangkan skenario pengamanan dalam Operasi Mandalika Rinjani 2021. Pos pengamanan di area The Mandalika ditambah untuk memperluas jangkauan fungsi keamanan.

Sejumlah pos ini berupa penyekatan, pos jaga, pos pengawasan, serta pos pelayanan. Penempatan titik lokasi pos disesuaikan dengan rencana pengamanan dan kerawanannya. Yang paling menonjol kehadiran pos penyekatan yang menyeleksi kedatangan orang.

Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Imam Thobroni menjelaskan, sejumlah pos pengamanan ini dalam berbagai fungsi. “Pos pengamanan ada banyak. Sekitar 50-an bahkan sampai 80 pos,” ucapnya ditemui Selasa, 2 November 2021.

Penempatan titik pos ini dibahas dalam rapat skenario prageladi kemarin. Imam menjelaskan hal yang menjadi perhatian yakni pemeriksaan terhadap angkutan moda, angkutan umum, dan angkutan pribadi yang hendak masuk ke area parkir sirkuit.

Arus kendaraan pengangkut penonton ini datang menggunakan tiga jalur masuk. Yakni Jalan Raya Sengkol, Jalan Bypass Mandalika, dan Jalan Raya Kuta. Kedatangan bus ini yang dari Bandara dan pelabuhan.

“Kita simulasikan bagaimana bis dari luar masuk, bagaimana penonton ini menukar tiket elektronik menjadi gelang. Tes PeduliLIndungi lalu dia naik ke shuttle bus menuju sirkuit ataupun ke grandstand masing-masing,” urainya.

Dalam manajemen rekayasa lalu lintas WSBK Mandalika, simpul parkir dibagi menjadi dua. Yakni Parkir Sentral Barat Nurul Bilad untuk kedatangan dari Jalan Raya Sengkol dan Jalan Raya Kuta dan Parkir Sentral Timur Sunggung untuk kedatangan dari Jalan Bypass Mandalika.

Parkir Barat Nurul Bilad menyediakan lahan parkir satu dan parkir dua. Terhubung transportasinya dengan gerbang masuk sirkuit yang berada di zona tengah melalui layanan shuttle bus. Parkir Barat ini dihubungkan shuttle bus rute line hijau dan biru. Sementara Parkir Timur menggunakan rute line oranye dan ungu.

Fokus lainnya pada penanganan kontijensi atau keadaan berisiko tinggi. Elemen yang dikerahkan yakni TNI, Polri, BPBD, Basarnas, Dishub, serta tenaga kesehatan rumah sakit. Skenario kontijensi ini juga akan digeladikan dalam tactical floor game. “Minggu depan kita akan latihan di lapangan. Misalnya seperti apa kalau ada kerusuhan, kalau ada bencana,” sebutnya.

Polda NTB menggelar Operasi Mandalika Rinjani 2021 dalam rangka pengamanan Asia Talent Cup Sirkuit Mandalika pada 12-14 November. Kemudian pengamanan World Superbike 2021 Sirkuit Mandalika pada 19-21 November. Personel pengamanan yang dikerahkan sebanyak 2.215 orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here